Tutorial Belajar Tool Seleksi di Photoshop

 on Rabu, 23 September 2015  

Tutorial Belajar Tool Seleksi di Photoshop
Memahami dan Mempelajari berbagai macam tool-tool seleksi yang terdapat di dalam Adobe photoshop dapat menjadikan kita benar-benar memahami fungsi serta kegunaan dari masing-masing tool seleksi tersebut.
tujuannya agar kita dapat mengaplikasikan tool tersebut secara tepat guna & mengefisienkan cara kita dalam bekerja di Adobe Photoshop - TTG Tutorial Guide.

Tutorial Belajar seleksi di Photoshop merupakan hal pokok yang wajib untuk dipelajari oleh seorang Digital Artist, karna tool ini lah yang nantinya akan sangat sering kita pergunakan, misalkan saja untuk kebutuhan mengganti background, atau untuk mengubah sebagian warna foto yang dirasa menggangu, hingga membuat foto digital imaging, seleksi inilah yang nantinya akan selalu membantu pekerjaan kita mengolah foto.
mungkin sebagian besar dari teman-teman mempergunakan pen tool untuk kebutuhan menyeleksi, ya… hal tersebut juga dapat dipergunakan, meskipun sebenarnya fungsi dari pen tool ini ditujukan untuk membuat patch atau shape pada photoshop, akan tetapi pen tool juga dapat difungsikan sebagai tool yang dapat membantu kita untuk kebutuhan seleksi. Saya kembalikan kepada anda semua, tool yang mana yang membuat anda nyaman untuk meyeleksi, apakah pen tool ? apakah selection tool ? semua kembali kepada anda

Marquee Tools

Marquee Tools adalah Kumpulan tool seleksi yang berguna untuk membuat area seleksi menyerupai persegi panjang, bulatan, serta garis vertikal dan horizontal.
Shortcut : Tekan Tombol [ Shift ] + [ M ] secara berulang untuk berpindah dari Rectangular Marquee Tools ke Eliptical Marquee Tool
Rectangular Marquee Tool
Sesuai dengan artinya ( Rectangular : Seperti empat persegi panjang ) tool seleksi ini dipergunakan untuk membuat area seleksi berbentuk persegi empat atau bujur sangkar.
Shortcut : tekan dan tahan tombol [ Shift ] saat
melakukan seleksi dengan Rectangular marquee Tool, maka area seleksi akan berbentuk segi empat sama sisi ( bujur sangkar )
Eliptical Marquee Tool
Berasal dari kata ellipse yang berarti bulatan panjang, tool seleksi ini dipergunakan untuk membuat seleksi dengan area berbentuk bulatan, baik itu bulatan lonjong atau bulatan sempurna.
Shortcut : tekan tombol [ Shift ] selagi melakukan seleksi maka seleksi akan berbentuk lingkaran sempurna
Single Row Marquee Tool
Membuat seleksi garis horizontal sepanjang lebar kanvas kerja
Single Column Marquee Tool
Membuat Seleksi garis vertikal sepanjang tinggi kanvas kerja
Lasso Selection Tools
Terdapat 3 (tiga) buah tool seleksi didalam Lasso Selection Tools : Lasso, Polygonal dan Magnetic. ketiga tool seleksi tersebut dapat kita pergunakan apabila kita ingin membuat area seleksi secara manual
Shortcut : Tekan Tombol [ Shift ] + [ L ] secara berulang untuk berpindah-pindah ke ketiga tools diatas

Lasso Tool

tool yang iconnya berbentuk seperti tali ini berguna untuk membuat seleksi bebas pada kanvas kerja dengan area seleksi yang kita atur secara manual.
baca : Cara Menggunakan Lasso Tool
Polygonal Lasso Tool
berfungsi sama seperti Lasso Tool, Polygonal lasso juga dipergunakan untuk membuat seleksi secara bebas, garis demi garis mengikuti area yang ingin kita seleksi.
baca : Cara Menggunakan Polygonal Lasso Tool
Magnetic Lasso Tool
Tool seleksi unik yang dengan otomatis dapat dengan rapi menyeleksi area dengan hanya kita mengarahkan mouse pada area tersebut
baca : Cara Menggunakan Magnetic Lasso Tool

Magic Selection Tool

Quick Selection Tool
tool yang dapat menyeleksi area secara otomatis hanya dengan menyapukan saja tool ini poada area tersebut
Magic Wand Tool
magic wand dipergunakan untuk menyeleksi area dengan warna yang sama atau senada

Sumber : photoshopid.com | TTG Tutorial Guide
NB : COPAS ? Tolong sertakan Sumber
Tutorial Belajar Tool Seleksi di Photoshop 4.5 5 Unknown Rabu, 23 September 2015 Memahami dan M empelajari berbagai macam tool-tool seleksi yang terdapat di dalam Adobe photoshop dapat menjadikan kita benar-benar mem...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Peraturan :
1. Dilarang Double / Multi komentar
2. Dilarang memberi Link pada komentar
3. Dilarang komentar yang mengandung SARA.

Terimakasih ^_^